MUFC_NewsID - Tanggal 6 Februari 1958 merupakan tanggal kelam bagi seluruh Fans Manchester United diseluruh dunia. Karena tepat dihari itu beberapa pemain terbaik musim 1957/1958 yang diberi julukan "The Busby Babes" tewas dalam kecelakaan pesawat di Bandara Munich-Riem, Munchen, Jerman.
Bermula saat Tim Busby Babes kembali ke Inggris setelah melakukan Pertandingan Vs Red Star Belgrade (Slovakia) di Piala Champions. Pemain terbang ke Inggris Menggunakan Pesawat Airspeed Ambassador milik penerbangan Britihs Europan Airways (BEA).
![]() |
Sir Matt Busby dengan The Busby Babes |
Untuk Lepas Landas ke 3 salju mulai turun dan menyembakan lintasan berlumpur. Ketika menyentuh lumpur pesawat hilang kendali dan menabrak Pagar dan berhenti setelah menabrak Rumah warga. Percikan api langsung menyambar Tanki Minyak yang baru terisi dan menyebabkan menyala api yang luar biasa besar.
![]() |
Kondisi Pesawat Airspeed Ambossador |
Setelah itu kapten Thain langsung menyuruh semua penumpang menghindar dari pesawat yang mau meledak, Namun tidak dengan Kiper Harry Gregg, dia langsung mendekati pesawat dan menolong rekannya yang masih terjebak didalam pesawat.
Orang pertama yang ditolong Gregg adalah 'Bert Whalley' Salah satu staff Manutd namun sayangnya Bert sudah tewas. Harry kembali menunjukan sikap kepahlawanannya setelah berhasil menolong Bobby Charlton dan Denis Viollet.Pilot 'James Thain' Kembali berteriak kepada Harry untuk menjauh dari pesawat yang mau meledak tersebut. "Lari Tolol !!! Pesawat ini akan segera meledak" ucap Pilot sambil menolong Ko-Pilot Rayment yang masih tejepit., Namun tetap dihiraukan oleh Gregg!!
![]() |
The Hero Of Munich "Harry Gregg" |
"Aku mencoba menemukan temanku Blanchy, ternyata dia masih hidup namun keadaanya sangat parah, Lengannya nyaris putus. Disebelahnya (Blanchy) kutemukan Roger Byrne (Kapten) yang sudah tidak bernyawa.
"Aku berteriak minta tolong kemudian Charlton dan Viollet berdiri, kutemukan Sir Matt Busby terbaring diluar pesawat dengan kaki terjepit" Ucap Harry Gregg
![]() |
Koran Lokal "21 Mati, Pesawat MUFC Tabrakan" |
Kejadian Itu merengut 21 Jiwa dari 44 penumpang dalam pesawat tersebut.
Kru Pesawat
- Kennenth Rayment [ Co-Pilot] (3 Minggu Kemudian Meninggal karena Geger Otak)
- Tom Cable [Pramugara]
Pemain Manchester United
- Geoff Bent
- Roger Byrne
- Eddie Colman
- Mark Jones
- David Pegg
- Tommy Taylor
- Liam Whelan
- Duncan Edawards (15 Hari Kemudian Meninngal)
Staff Manchester United
- Walter Crickmer [Sekretaris Klub]
- Tom Curry [Trainer]
- Bert Whalley [Staff Kepelatihan]
Penumpang Lain
- Bela Miklos [Agen Perjalanan]
- Willy Satinoff [Fans/Kerabat Sir Matt Busby]
United memulai musim 57-58 dengan ambisi besar utk mearaih gelar juara divisi I dua musim berturut-turut, kini mereka memandang target lebih besar, menjuarai piala Champion. Squad yang sangat berkualitas pada saat itu diyakini bakal menjuarai pentas Eropa, tak hanya jago kandang.
Sayang tragedi pahit menghujam mereka, malapetaka yang terjadi setelah pertandingan melawan Red Star Belgrade diperempat final liga Champion. Sehari setelah pertandigan squad MU pulang dengan menumpang terbang milik British Europan Airways ( BEA ), untuk sampai ke Inggris pesawat perlu mengisi bahan bakar terlebih dahulu, maka dipilihlah bandara Riem di Munchen, Jerman...Pengisian bahan bakar berlangsung mulus.
Pesawat bernama Elizabethan itu sempat gagal take off sebanyak dua kali sebelum mengudara. Sepertinya semua akan berjalan lancar dan baik2 saja. Namun tak lama setelah mengudara tiba2 pesawat terguncang hebat dan salah satu mesin mati! Parapenumpang langsung panik " kita akan mati " teriak Johnny Berry, seorang anggota tim.
Pilot mencoba utk mengendalikan pesawat, namun sia-sia. Pesawat meluncur deras menhujam bumi. " Ya Tuhan kami tidak mampu mengatasinya " seru Kenneth Rayment ( co-pilot ). Pesawat mencium bumi, menghantam jalan dan berhenti setelah menabrak sebuah rumah dan truk berisi ban. Percikan api langsung menyulut bahan bakar yang baru saja terisi itu. Bola api raksasa terbentuk ...sangat mengerikan....
Sebelum pesawat meledak, Harry Gregg - Kiper United tampil sebagai pahlawan. Setelah berhasil keluar dengan menendang jendela Gregg kembali masuk kedalam utk menyelamatkan teman2nya. Sosol pertama yang ditemukan adalah Bert Whalley, salah satu staff pelatih Setan Merah, terbujur kaku dan telah menghembuskan nafasnya.
Tanpa mempedulikan bahaya yang setiap saat dapat merenggut jiwanya, Gregg terun mencoba menemukan korban2 lain, tubuh Bobby Charlton dan Dennis Viollet tergeletak tidak jauh dari mayat Whalley, masih bernafas, dengan sekuat tenaga ditariknya tali pinggang keduanya.
Saat itulah terdengan teriakan dari arah depan.."Lari tolol!! pesawat ini akan segera meledak" ternyata itu adalah suara James Thain sang pilot yang ternyata selamat dari maut. Meski berteriak demikian, pilot tsb masih coba menyelamatkan Rayment yang terjepit diruang kemudi.
" Aku mencoba utk menemukan temanku, Blanchy ( Jackie Blanchflower ) ternyata dia masih hidup, namun kondisinya sangat parah, lengan nya nyaris putus, disebelahnya tergeletak kapten Tim Roger Byrne sudah tak bernyawa. " tutur Gregg. Beberapa saat setelah kejadian itu aku berteriak minta tolong, saat itulah Charlton dan Viollet tiba2 berdiri disampingku.Matt Busby aku temukan terbaring diluar pesawat dengan kaki terluka parah.
Hari itu tanggal 6 Februari 1958 dicatat dalam sejarah sepakbola MU & Inggris sebagai lembaran hitam yang menyebabkan terenggutnya 8 nyawa pemain dan staff setan merah. Tim hebat dengan cita2 besar itupun hancur berantakan.
Belum kering air mata, jajaran petinggi MU harus menghadapai kenyataan bahwa klub harus tetap berlaga. FA hanya memberikan waktu kurang dari dua bulan bagi MU utk membentuk tim baru. Karena Busby cedera parah maka ia digantikan Jimmy Murphy, asistennya. Murpy lolos dari kecelakaan itu karena ia tidak ikut ke Belgrade, ia ditugaskan negaranya utk memimpin timnas Wales lawan Israel.
Hanya dua pemain yang berada dalam kondisi prima. Murphy bergerak cepat sejumlah pemain direkrut, bahkan ia berencana utk memboyong Ferenc Puskas dari Madrid, sayang batasan gaji di Liga Inggris saat itu (17 Pounds)
per minggu, sangat jauh dibawah gaji Puskas yang 800 Pounds per minggu.
Partai perdana setelah tragedi adalah menjamu Sheffield Wednesday di putaran ke 5 piala FA tanggal 19 Feb 1958. Karena belum berhasil mengumpulkan pemain, Murphy tak bisa mengisi formulir susunan pemain kepada panitia, bahkan Stanley Crowther baru bergabung empat jam sebelum partai dimulai...
Krisis tersebut mengundang simpati, stadion Old Trafford yang dipadati 59.848 penonton, hampir semuanya menangis sambil menyebut2 nama2 pemain yang tewas di Muenchen. Suasana haru bgitu terasa........
Kondisi ini membuat semangat para pemain MU terbakar, apalagi Harry Gregg & Bill Foulkes, dua pemain yang selamat dari tragendi itu. Meski Wednesday adalah tim yang tangguh pada saat itu, akhirnya MU berhasil menekuk mereka dengan skor telak 3-0. Setan Merah baru telah lahir. (Owner @MUFC_NewsID: @JulianNazareth)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar